Manfaat Mempelajari Biologi

Selain memberikan manfaat pada masing-masing bidang kehidupan, dengan mempelajari biologi manusia dapat memperoleh manfaat penting ainnya sebagai berikut.

  1. Membentuk manusia yang sadar terhadap hidup dan kehidupan di dalam lingkungannya.
  2. Memiliki pemahaman tentang dirinya sendiri yang lebih mendalam, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidupnya.
  3. Memiliki pengetahuan untuk memanfaatkan sumber daya alam hayati secara optimal dalam memenuhi semua kebutuhannya.
  4. Memiliki pengetahuan untuk melakukan diversifikasi dan konservasi (pelestarian) sumber daya alam.
Ilmu biologi mengalami perkembangan yang pesat, hal ini ditandai dengan munculnya berbagai macam cabang biologi baru. Perkembangan ini jika dimanfaatkan dengan baik dan untuk tujuan kesejahteraan manusia akan memberikan manfaat yang begitu besar. Berikut beberapa manfaat perkembangan ilmu biologi.
  1. Membantu dalam menemukan dan mengembangkan bahan kebutuhan pokok manusia, seperti bahan makanan, pakaian, peralatan dan perumahan, serta energi.
  2. Penemuan bibit unggul, baik hewan ternak maupun tanaman pertanian yang membantu manusia untuk meningkatkan produksi pangan.
  3. Menyingap rahasia proses-proses kehidupan, pewarisan sifat, dan gen sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Menemukan berbagai penyebab dan pengobatan berbagai macam penyakit, baik pada manusia, hewan, dan tumbuhan.
  5. Pengolahan limbah rumah tangga dan industri yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan organisme pengolah limbah yang teah ditemukan peneliti.
Dari beberapa manfaat di atas, tidak sedikit orang yang menyalahgunakan perkembangan pengetahuan biologi sehingga dapat menimbulkan bahaya bagi kehidupan manusia. Beberapa bahaya perkembangan pengetahuan biologi jika disalahgunakan sebagai berikut.
  1. Mengeksploitasi kekayaan alam tanpa memperhatikan keutuhan ekosistem sehingga tatanan lingkungan menjadi rusak dan mengakibatkan banjir.
  2. Penggunaan bakteri dan virus mematikan yang digunalam sebagai senjata biologis dapat merusak lingkungan biotik maupun abiotik.
  3. Organisme baru hasil rekayasa gentika dikhawatirkan akan dapat memenangkan kompetisi dan menyingkiran organisme yang telah ada di alam segingga dapat menimbulkan ketidakseimbangan alam.
  4. Penggunaan bibit unggul mengakibatkan berkurangnya keanekaragaman hayati.
  5. Penggunaan pestisida dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan hama menjadi resisten dan sisa pestisida yang tertinggal dapat mencemari lingkungan.


Sumber : Biologi Kreatif
Previous
This is the oldest page

1 komentar:

Click here for komentar
Unknown
admin
9 Juni 2015 pukul 06.22 ×

donat kentang

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment